Senin, 16 November 2020

Essay IKIGAI "entrepreneur"

 

ESSAY IKIGAI

            Ikigai merupakan istilah orang Jepang dalam menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan, secara harfiah ikigai berarti nilai kehidupan. Secara contoh orang Jepang  menjadikan ikigai menjadi sebuah alasan untuk bangun pagi hari dan ikigaipun yang menjadi sumber motivasi berklenajutan dalam menjalani hidup dan ikigai juga dapat diartikan sebagai prinsip hidup bahagia guna mengatasi rasa jenuh dalam menghadapi rutinitas sehari-hari.  Pada pertemuan pertama saya telah membuat ikigai dengan bentuk diagram ikgiai aslinya, terdapat empat poin utama yaitu what you love, what you are good at, what you can be paid for, and what the world needs atau apa yang kamu cintai / sukai, apa yang kamu bisa, kamu mau dibayar untuk apa dan apa yang dibutuhkan dunia. Irisan-irisan dari 4 poin utama yang disebutkan tadi membentuk 4 poin irisan baru yaitu passion, profession, vocation, and mission. Menurut saya irisan-irisan ini membentuk tujuan hiduo seseorang yang masih abu-abu dalam membidik tujuan hidup mereka. Seperti saya, seorang mahasiswa semester tiga yang tetap masih mencari tujuan hidup dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Di dalam essay ini saya akan menjelaskan ikigai saya pribadi dalam menemukan tujuan hidup saya, dimulai dari poin pertama yaitu apa yang saya suka.

1.      What you love /  apa yang kamu suka?

Apa yang saya suka, pertanyaan mendasar pertama yang harus saya jawab dan sebetulnya pertanyaan dasar ini membuat saya pribadi bingung dalam menjawab pertanyaan ini. Setelah saya memikirkan diri saya dan merenung dalam mendapatkan apa hal yang saya sukai akhrinya saya menemukan jawabannya yaitu, musik. Saya suka dan mencitai musik, menurut saya musik merupakan wadah aspirasi pemberian pesan kepada seseorang maupun khalayak, dan juga musik merupakan energi yang sangat kuat dalam membentuk atau menyatukan pendapat. Musik memrmiliki banyak bentuk atau karakter yang biasa disebut genre, genre ini yang dapat mengelempokan pendapat maupun tipe orang yang mendengarnya. Yang kita tau umunya genre musik adalah pop, rock, dan jazz hingga budaya negara ataupun budaya daerah masing-masing bercampur tangan dengan genre ini dan membuat genre baru, contoh yang mudah dipahami seperti genre dangdut yang terlahir karna budaya negara Indonesia yang kental dengan musik dangdut. Hal yang ingin saya sampaikan dalam poin genre ini adalah luasnya musik itu, musik dapat membaur dalam budaya kita, musik dapat berkembang setiap waktu maupun zaman, dan musik dapat meraih berbagai usia. Itulah serangkaian alasan saya kenapa saya menyukai musik dalam hidup saya.

2.      What you are good at / kamu baik dalam bidang apa?

Pertanyaan kedua dalam ikigai ini adalah hal yang membuat diri saya berinstropeksi diri karena, saya mencari tau apa kelebihan saya setelah hidup selama 18 tahun ini. Karna saya memiliki banyak kelebihan-kelebihan kecil, tetapi saya rasa kelebihan-kelebihan kecil itu tidak betul-betul berpengaruh dalam diri saya. Setelah saya mencari kelebihan dalam diri saya saya menemukan hal dasar atau hal yang tak tersadarkan oleh saya yaitu, managing atau manajemen. Contoh sederhana dalam menunjukan kelebihan saya dalam bidang manajemen yaitu adalah saya dapat mengatur diri saya sendiri, pada saat ini saya tinggal di rumah seorang diri tanpa adanya orang tua maupun saudara-saudara saya karena berbeda lokasi dari rumah yang saya tinggali maka dari itu saya memiliki tanggung jawab dalam merawat rumah ini beserta isinya, dan juga sebagai mahasiswa saya memiliki tanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dan memenuhi nilai yang diinginkan dosen. Saya harus membagi waktu setiap harinya kapan harus bersih-bersih rumah dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan tugas-tugas. Pengalaman dalam membagi waktu tersebut secara pelan-pelan membentuk diri saya dalam mengatur waktu dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Lalu pemngalan ini membuat kemandirian saya meningkat dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Contoh selanjutnya mengapa saya dapat dikatakan memiliki kemampuan dalam manajemen yaitu, saya pengalaman saya mulai dari SMA hingga kuliah ini saya sering ditunjuk sebagai pemimpin dalam suatu jabatan, seperti ketua kelas, ketua ektrakulikuler, hinga ketua organisasi pada saat SMA lalu. Pengalaman ini terus berlangsung hingga kuliah ini yaitu saya juga diangkat sebagai ketua kelas, hingga ketua departemen pada suatu acara.  Kesimpulan dari hal tersebut adalah teman-teman pun mengkonfirmasi bahwa pribadi saya dapat melakukan manajemen yang baik dalam tiap bidangnya.

3.      What you can be paid for / untuk apa anda dapat dibayar?

Untuk apa anda dibayar, pertayaan pada poin ketiga dalam ikigai ini. Saya menjawab menjadi seorang pengusaha, menurut saya menjadi seorang pengusaha adalah impian semua orang termasuk saya. Impian dimana menjadi pemilik suatu usaha hingga perusahaan besar yang dimana dapat membuka suatu lapangan pekerjaan untuk orang-orang yang membutuhkan. Yak hanya materi yang didapat tetapi pahalu pun terus mengalir apabila pekerjaan impian saya ini tecapai. Berbicara tentang pengusaha saya berminat dalam usaha garmen dan kuliner. 2 aliran usaha yang menurut saya sangat menjamin dalam sektor anak remaja. Kenapa saya memilih segmen anak remaja karena segmen atau target audience yang saya acu adalah anak-anak remaja atau generasi millennial. Yang saat ini mereka terlihat memiliki daya beli yang besar dan kuat. Dengan solusi memberikan produk yang unik, harga terbaik dan pula memberikan kulitas yang tak kalah baik menjamin remaja anak muda akan berminat untuk membeli produk itu. Para remaja atau genereasi muda memiliki karakteristik umum yang hampir sama yaitu, up to date atau anak-anak remaja sekarang tidak mau tinggal zaman apabila ada hal menarik di masa tertentu. Maka dari itu apabila dapat menjual produk yang membuat suatu budaya atau fenomena sementara, maka dapat disimpulkan bahwa produk tersebut berhasil menarik perhatian anak-anak remaja zaman sekarang. Terebih kekurangan dari anak remaja di zaman ini adalah, mereka juga cepat bosan dalam meminati suatu hal. Maka dari itu pengembangan produkpun juga harus cepat dibanding perusahaan yang lain.

 

4.      What the world needs / apa yang dibutuhkan dunia ini?

Pertanyaan selanjutnya dari ikigai ini adalah what the worlds needs atau apa yang dibutuhkan dunia ini? Jawaban yang saya ajukan adalah well-being atau kesejahterahaan. Kesejahterahaan meruapakan misi yang harus divapai ditiap pribadi masing-masing. Kesejahterahan menjadi hal yang dipikirkan tiap orangnya maupun pemimpinnya, seperti sebuha negara yang memikirkan kesejahtrahan rakyatnya maupun seperti seorang pengusaha yang memikirkan kesejahterahan karyawan maupun staffnya dan juga seeorang kepala keluarga yang memikirkan kesejahterahan keluaganya. Maka dari itu saya menyebutkan bahwa hal yang dibutuhkan dunia ini adalah kesejahterahan. Namun kesejahretahan masing-masing orang itu berbeda-beda, semua itu tergantung pada pribadi masing-masing tentang takaran kesejahterahan mereka tentang apa yang dia ingin punya dan ia ingin capai dalam hidupnya. Dan menurut saya kesejahterahan itu bersifat kompleks dan dapat berubah-ubah setiap berbedanya situasi maupun kondisi yang kita alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar